Manfaat Blogging dan Efek Sampingnya

Sebenarnya tulisan mengenai Manfaat Blogging Dan Efek Sampingnya bukanlah sebuah tutorial atau panduan dan sebagainya. Tulisan ini saya buat hanya sebagai arsip pribadi atau lebih ke pengalaman saya saat ngeblog. Yang pasti banyak sekali manfaat saat blogging pada seorang blogger, Tapi bukan bearti hal yang bermanfaat sama sekali tidak memiliki efek samping.



Manfaat Blogging :
  1. ILMU : Sudah pasti seorang blogger banyak mendapatkan ilmu saat melakukan aktifitas bloggingnya. Baik di sengaja ataupun tidak. Contohnya saat kamu bingung ingin membuat postingan apa, Sudah pasti mencari pencerahan ke banyak search engine yang tersedia di internet. Mobilisasi saat browsing saja sudah merupakan ilmu yang tidak kita sadari.
  2. TEMAN : Tentu ini adalah manfaat yang sangat bearti bagi saya. Dari dunia blog saya memerlukan banyak inspirasi untuk membuat sebuah postingan.Selain search engine, Tukar pikiran adalah hal yang sangat berguna. Lalu dengan siapa harus bertukar pikiran? Siapa lagi kalau bukan teman. Mulai dari sekedar blogwalking, Hingga berbincang via meseenger, Twitter ataupun Facebook. Maka tanpa kita sadari dunia blogging sudah membuat kita memiliki banyak teman. Bukan bearti kita tidak bisa mendapat jodoh via blogging lho :D
  3. UANG : Loh kok uang ? pastinya sudah pada tahu khan. Selain sekedar ngeblog seorang blogger juga biasanya memanfaatkan blognya sebagai penambah penghasilan. Tentunya dengan tips dan trik yang bebeda beda. Mulai dari cara yang sederhana sampai cara yang luar biasa :D . Tapi diri saya pribadi belum pernah mandapatkan manfaat yang ke tiga ini :( . Bagi yang sudah, Ada baiknya share tips dan triknya :D .
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang di dapat dari blogging. Diantaranya adalah tiga hal di atas, dan saya tambahkan satu lagi. Yaitu latihan mengetik :D . Tanpa sadar saya sudah terbiasa mengetik dengan speed yang lebih dari biasanya. Sekarang saya lebih apal di manal letak-letak huruf pada keybard hehhee..

Efek Samping Blogging :
  1. KESEHATAN : Ini adalah hal yang riskan seorang blogger. Ngeblog adalah salah satu candu dalam dunia internet. Jadi seorang blogger biasanya suka lupa waktu, Bahkan lupa makan. Beberapa efek pada tubuh yang sering saya rasakan setelah berjam-jam ngenet adalah mata yang berbayang, Mata saya serasa berbayang saat melihat tulisan di monitor (Sebaiknya sesekali melihat kearah yang jauh atau sesuatu yang berwarna hijau, Itu membuat mata kita lebih fresh. Perbanyak konsumsi wortel dan tomat, Itu baik untuk mata). Lalu punggung yang terasa pegal, Ini biasanya karena duduk yang terlalu lama. Atau salah posisi duduk atau beberapa info yg saya dapat adalah kurangnya cairan dalam tubuh ( Sebaiknya perbaiki posisi duduk kamu, Dan banyak minum air putih ). Kemudian kening terasa kencang seperti mengerut, Ini juga yang sering saya rasakan. Biasanya jika sedang terlalu fokus mengedit template blog termasuk saat sedang membuat postingan ini ( Jika saya sudah merasakan ini, itu berarti sudah waktunya istirahat :D ). 
  2. SOSIALISASI : Tanpa sadar kecanduan seorang blogger dalam dunia blogging benar-benar menyita waktu kita di dunia nyata. Kita jadi kurang bersosialisai kepada dunia luar. Sebaiknya tinggalkan peradaban internet sejenak, Kembalilah berbaur ke masyarakat agar juga tidak terlalu jenuh dan tetap di anggap baik oleh orang-orang sekitar kita :) .
Itu adalah salah dua efek samping yang saya rasakan. Setiap orang mungkin memiliki tanggapan dan pengalaman yang berbeda. Ada baiknya jika kita saling share pengalaman masing masing. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca. Wassalam :D .

About this entry

Related Post